Arti Lagu Coldplay - Everglow

Posted by Rizky kusumo On Rabu, 27 April 2016 15 komentar
         
         Sebuah lagu entah bagaimana bukan hanya terlihat indah dari komposisi iramanya ataupun melodinya, tapi harus juga diimbangi dengan kekuatan liriknya yang gahar. Beberapa musisi hanya memiliki yang pertama kadang juga hanya begitu istimewa karena kemampuan mengelola lirik. Tapi hal ini tidak berlaku bagi group band asal Inggris, Coldplay. 
           
            Setelah sukses dengan beberapa single-singlenya yang menghentak dunia musik selama beberapa tahun lalu, Coldplay kembali mengeluarkan masterpiecenya dalam album A Head Full Of Dream. single bertajuk Everglow yang dikemas secara melankolis benar-benar mampu menghipnotis para pendengarnya apalagi dengan balutan alunan piano dari sang vokalis Chris Martin. Apalagi konon single ini spesial dibuat Chris untuk sang mantan istri.
              
             Daripada berlama-lama dengan muqqamadimah dari Rizky Kusumo di atas, lebih baik kita langsung saja ke TKP untuk membahas prihal single tersebut. Tapi tentulah ini hanya pendapat saya semata karena yang tahu seutuhnya hanya sang empunya lagu tersebut. Okeh, langsung kita ke TKP.

Everglow - Coldplay 

                Lagu ini menceritakan tentang kepergian seseorang yang dikasihinya, "Oh, they say people come, say people go" (Oh, kata pepatah orang-orang datang dan pergi),, Padahal kekasihnya tersebut merupakan hal yang teramat istimewa baginya, "This particular diamond was extra special" (Berlian yang satu ini sangat istimewa),, Tapi dirinya berkeyakinan bahwa kekasihnya masih ada walau tidak bersamanya lagi sekarang, "And though you might be gone, and the world may not know, Still I see you, celestial" (Dan meskipun kau mungkin saja pergi, dan dunia mungkin tak tahu, Aku tetap melihatmu, kayangan).

                 Dirinya pun masih mengingat masa-masa indah bersama kekasihnya tersebut, bagaimana kekasihnya memandang dan menjalani hidup, "Like a lion you ran, a goddess you rolled, Like an eagle, you circle, in perfect purple" (Kau berlari bak singa, kau berayun bak dewi, kau berkeliling bak elang dalam warna merah jambu sempurna),, Bahkan dirinya pun bertanya kepada dunia yang masih bisa berjalan seperti biasa, padahal dirinya sedang kehilangan sesuatu yang berharga," So how come things move on? How come cars don’t slow? " (Jadi bagaimana mungkin segalanya terus bergerak, bagaimana bisa mobil-mobil tak melambat),, Apalagi dirinya masih tidak bisa melepas kenangan-kenangan bersama kekasihnya, "When it feels like the end of my world, When I should, but I can’t, let you go?" (Saat rasanya seperti akhir duniaku, saat aku seharusnya, tapi aku tak bisa, melepasmu?)

               Apalagi kenangan-kenangan bersama kekasihnya saat masa-masa sedih dan gembira masih menghantuinya, "But when I’m cold, cold, Oh, when I’m cold, cold" (Tapi saat aku kedinginan, Oh, saat aku kedinginan),, Terutama saat kekasihnya menemainya saat musim-musim duka, memberikan kehangatan saat dingin, memberi terang saat gelap,"There’s a light that you give me when I’m in shadow,  There’s a feeling you give me, an everglow" (Ada cahaya yang kau berikan kepadaku saat aku dalam bayangan, Ada perasaan yang kau beri padaku, yang terus bersinar)

              Dirinya pun sempat bertanya tentang janji setia mereka untuk selalu bersama hingga maut yang memisahkan, "Like brothers in blood, sisters who ride, And we swore on that night we’d be friends 'til we die" (Seperti saudara sedarah, saudari yang berkendara, Dan kita bersumpah di malam itu kita kan berteman hingga mati),, Tapi dirinya tidak menyangka bahwa perubahan pun menyentuh kehidupan mereka, membuat jalinan suci itupun perlahan pupus, "But the changing of winds, and the way waters flow, Life is short as the falling of snow, And now, I’m gonna miss you, I know" (Tapi perubahan angin, dan aliran air, Hidup ini singkat seperti aliran salju, Dan kini aku kan merindukamu, aku tahu)

           Namun, karena perasaannya tersebut dirinya pun akan berjanji menjaganya selalu sebagai pengingatnya saat gelap, "Oh, what I would give for just a moment to hold, Yeah, I live for this feeling, it’s everglow " (Ohh, yang kan kuberikan hanyalah sesaat untuk direngkuh, Yeah aku hidup demi perasaan ini, Yang terus bersinar),, Sebagai penutup dirinya pun berharap kepada semua orang untuk mengungkapkan rasa cintanya, sembari berharap rasa cintanya kepada sang kekasih masih terjaga,"So if you love someone, you should let them know, Oh, the light that you left me will everglow" (Maka jika kau mencintai seseorang, maka kau harus memberitahunya, Ohh cahaya yang kau tinggalkan untukku akan terus bersinar)

        Terkadang mencintai seseorang merupakan perkara mudah, tapi kita pun luput bahwa kehilangan merupakan keniscayaan. Walau kadang kita akan bertanya, mengapa ada sebuah pertemuan bila akhirnya juga akan ada kepergian? Tapi pertanyaan terhadap hidup ini pun, sama juga dengan pertanyaan kita terhadap cinta. Karena seperti sebuah ungkapan, Cinta Itu Datang Terlambat...

       Okehh, itulah hasil resensi lagu Everglow,, semoga resensi ini memberikan nuansa baru kepada para pembaca sekalian, kalaupun teman-teman sedang merasakanya bisa saja lagu ini menjadi sahabat setia dalam kesepian yang abadi ini hahah. Terima kasih sudah mampir di blog ini.

Nb : Kalau teman-teman mau nonton atau dengerin lagu Everglow, bisa kok di akses di youtube, gua kasih link nya deh

                

15 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap gan

Fiolita Dwina Astari mengatakan...

</3

Sartika May Diyanti mengatakan...

Miris gan

Sartika May Diyanti mengatakan...

Miris gan

Berkah Shalawat mengatakan...

chris martin emang selalu keren

Asih Purwasih mengatakan...

Kalo yg ada Muhammad Ali nya, sama nggak sama lirik yg diatas?

Bayu Aji Pamungkas mengatakan...

Good job chris :)

Cecep Deni mengatakan...

Great Song !

Muhammad Iqbal Sanusi mengatakan...

MANTAP BOSS !

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rosidi Yahya mengatakan...

good gan.. nt bisa ajah ngresapin lagunya
mencintai dan dicintai itu sebenarnya sama saja gan
sama sama berkorban.. tapi kalo bertepuk sebelah tangan itu sih cerita lain yah bro.. haha

Yoghie Tarigan mengatakan...

Beautiful lirics...
I'm so love with this song.

nat natha mengatakan...

Udh lagunya keren, yg interpretasiin jg keren. Mantaplah

Febri Ahmad Nurhidayat mengatakan...

lagu ini sama dengan kisah cinta saya, menyentuh hati

Pohoncinta mengatakan...

bagus :) sendu

Posting Komentar