Resensi Novel : The Alchemist (Sang Alkemis)

Posted by Rizky kusumo On Senin, 24 September 2012 8 komentar
          


         Thread kali ini akan membahas Novel berjudul The Alchemist (Sang Alkemis) yang merupakan karangan Paulo Coelho. Novel ini klaimnya mampu mengubah hidup para pembacanya. Hal inilah yang membuat Gua tertarik untuk membeli buku tersebut (Kena jebakan marketing kayaknya hehe). tapi, setelah Gua bolak-balik buku ini ternyata memang benar. Hampir semua isi dari novel ini merupakan pertanyaan-pertanyaan dalam hidup ini. Tentang masalah Kehidupan? Impian? dan tentu saja Cinta?
          Hal yang menarik adalah kata-kata yang terdapat dalam novel tersebut. Tidak hanya mengekspos petualangan seperti novel ber-genre serupa. Kemampuan Paulo Coelho untuk memberikan alur cerita dan mengungkapkan kisah-kisah pun sangat baik. Tentu saja teman-teman tidak akan menyesal membeli novel tersebut. Karena itu Gua akan membahas novel tersebut dalam resensi kali ini. Selain tahu memberi jalan ceritanya, gua pun akan menulis kata-kata bijak dalam novel tersebut. Ok selamat membaca :)

The Alchemist



                  Novel ini bercerita tentang pengembala domba bernama Santiago. Pengembala yang tinggal di kota Andalusia ini selalu dibayangi mimpi tentang harta karun dan pengembaraan. Selain itu, Santiago pun terkenang dengan perempuan yang pernah berteamu setahun yang lalu. Akhirnya dalam kegelisahaan, dia pun pergi ke tukang sihir penafsir mimpi. Namun, perempuan itu tidak mampu menafsirkan dan membuat gelisah Santiago. 
              Perubahan dalam hidup Santiago pun terjadi setelah bertemu dengan Kakek tua yang mengaku Raja. Kakek tua itu menyuruh Santiago untuk mengikuti takdirnya untuk berkelana. Dengan bekal yang diberikan Kakek tua tersebut (batu dan uang) Santiago pun pergi. Tapi, petualangannya berantakan setelah ada yang merampok perbekalannya.
              Dalam keputusasaan, akhirnya dia pun bertemu dengan pedagang yang memberikan pekerjaan. Setelah satu tahun bekerja, Santiago pun kembali berpetualang. Setelah itu, dia pun bertemu orang inggris yang sedang mencari Sang Alkemis. Kemudian, dia berbicara 
dengan pasir, angin, dan matahari mengenai hakikat cinta. Pertemuan dengan Sang Alkemis yang dinantikan. Tentu saja, pertemuan dengan perempuan pujaannya.
                Hal yang menjadi pertanyaan, apakah Santiago mampu menemukan hakikat cinta? pengertian tentang takdir? dan harta karun yang dicarinya? Semuanya menjadi pertanyaan dan selalu tetap menjadi pertanyaan? :D

Kata-Kata Bijak dalam Novel The Alchemist

 *) "Dusta terbesar itu: Bahwa pada satu titik hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada kita dan hidup kita jadi dikendalikan oleh nasib" - Sang Raja

*) "Takdir adalah apa yang selalu ingin kaucapai. semua orang, ketika masih muda, tahu takdir mereka, pada titik kehidupan itu, segalanya jelas, segalanya mungkin. Mereka tidak takut bermimpi, mendambakan segala yang mereka inginkan terwujud dalam hidup mereka. tapi dengan berlalunya waktu, ada daya misterius yang mulai meyakinkan mereka bahwa mustahil mereka mewujudkan takdir tersebut" - Sang Raja

*) "Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membatumu meraihnya" - Sang Raja

*) "Di masa-masa awal kehidupan mereka, manusia sudah tahu alasan keberadaan mereka, barangkali ini juga sebabnya mereka menyerah terlalu cepat, tapi memang begitulah adanya" - Sang Raja

*) Kalau kau memulai dengan menjanjikan sesuatu yang belum kau miliki, kau akan kehilangan hasratmu untuk berusaha memperolehnya - Sang Raja

*) "Sebab aku tidak hidup di masa lalu ataupun di masa depan. Aku hanya tertarik pada saat ini. berbahagialah orang yang bisa berkonsentrasi hanya untuk saat ini" - Santiago

*) "Kau harus mengerti, cinta tak pernah menghalangi orang mengejar takdirnya. Kalau dia melepaskan impiannya, itu karena cintanya bukan cinta sejati. Bukan cinta yang berbicara bahasa dunia - Sang Alkemis

*) "Orang dicintai karena dia memang dicintai. Tak perlu ada alasan untuk mencintai - Fatimah

*) "Penghianatan adalah pukulan tak terduga-duga. Kalau kau mengenal hatimu dengan baik, dia tak akan pernah mengkhianatimu. Sebab kau tahu pasti mimpi-mimpi dan keinginan-keinginannya, dan kau tahu juga cara menyikapinya - Sang Alkemis

*) "Katakan pada hatimu, rasa takut akan penderitaan justru lebih menyiksa daripada penderitaan itu sendiri, dan tak ada hati yang menderita saat mengejar impian-impiannya, sebab setiap detik pencarian itu bisa diibaratkan pertemuan dengan Tuhan dan keabadian - Sang Alkemis

*) "Bukan cinta namanya kalau hanya berdiam diri saja seperti padang pasir, atau menjelajahi dunia seperti angin. Bukan pula cinta namanya, kalau hanya memandang segala sesuatu dari kejauhan seperti matahari. Sebab saat kita mencintai, kita selalu berusaha menjadi lebih baik - Santiago

*) "Setiap orang di dunia ini, apa pun pekerjaannya, memainkan peran penting dalam sejarah dunia. Dan biasanya orang itu sendiri tidak menyadarinya - Sang Alkemis

            Hal ini yang membuat novel ini terhitung wajib dibeli para pembaca. Karena teman-teman akan mengetahui sisi lain dari dunia ini. tentu saja dibalut dengan faction gaya novel petualangan. Ok... Thanks atas perhatiannya :)


8 komentar:

Fadhillah Fatihatullaily mengatakan...

Nice review :)
Btw, yang lo baca ini The Alchemist terjemahan bahasa Indonesia apa yang bahasa Inggris?
berapa halaman? dan kalau di Jakarta, belinya dimana?
Thank's :D

Rizky kusumo mengatakan...

Terjemahan bahasa Indonesia kok, gak terlalu tebel. pas itu belinya di Gramedia bekasi,, coba aja cari didaerah Blok M atau Senin biasanya ada :)

TEDI HENDRATNO mengatakan...

Halo Sob, kamu udah bener banget punya takdir untuk bisa membaca buku ini, tapi Sorry resensi yang kamu buat salah.

kholifatun nisa mengatakan...

haha resensinya kurang lengkao tuh perhatikan langkah langkahnya trims

Rizky kusumo mengatakan...

Thanks atas kritikan nya. semoga semakin baik ke depanya... tolong kunjungin terus blog ini terima kasih.

Hartini tini mengatakan...

terus apakah pertanyaan 2nya terjawab/

alfian kHaris mengatakan...

kembangkan lagi gan, izin share gan

Muh Syahid mengatakan...

Izin share

Posting Komentar