Motivasi Hidup Dalam Komik Naruto

Posted by Rizky kusumo On Jumat, 17 Agustus 2012 2 komentar

                

              Para penggemar Komik Anime tentulah mengenal Komik berjudul Naruto yang dikarang oleh Masashi Kishimto. Naruto sendiri merupakan komik yang sangat digemari di Indonesia menurut beberapa situs (kalo gak percaya, coba dicek sendiri hehe). Hingga sekarang Naruto mampu terjual 3,081,822 diseluruh dunia selama pertengahan 2012 (coba dilihat di web inih, => http://www.oricon.co.jp/entertainment/ranking/2012/bookrank0601/index05.html)
              Naruto sendiri menceritakan tentang anak yang ingin menjadi ninja dan seorang Hokage (pemimpin desa ninja). Tapi, perjuanganya tidaklah mudah karena ditubuhnya ada monster Kyubi (musang ekor sembilan). Hal ini yang membuat Naruto tidaklah memiliki dan dijauhi oleh teman-temannya. Hal inilah yang menjadi inti konflik dalam cerita Naruto.
                   Kemampuan Masashi Kishimoto untuk mengangkat cerita Ninja yang merupakan budaya asli Jepang, Tentulah patut diapresiasi. karena, beliau mampu mengangkat cerita Ninja menjadi lebih modern dan menghibur. Namun, kemampuan yang lain adalah memasukan unsur moral. Kedalam cerita Naruto yang membuat Komik ini mampu memberikan motivasi sendiri. Apalagi, cerita Naruto pun memasukan unsur kenyataan dalam hidup yang sering terjadi didunia nyata. 
                Nah, sebagai salah satu penggemar Naruto,, gua coba membahas apa aja sih unsur moral dan makna yang ada didalam Komik Naruto? Namun, sumber ini bukan dari Masashi Kishimoto tapi sepengetahuan gua sendiri HeHe,, Karena itu, kalau teman-teman punya reverensi tentang makna-makna lain silahkan Comment atau Follow Twitter gua @Rizky_Kusumo7 (Jadi enak hehe).
                 Tapi seperti biasa, sebagai pengetahuan baru apakah teman-teman tahu Motivasi Hidup didalam komik Naruto? Jadi, Tahukah Anda? :D

  • Jangan Pernah Meremehkan Orang Lain

                             
                    Tentulah teman-teman yang membaca komik Naruto dari awal, pastinya tahu bagaimana Naruto diperlakukan oleh masyarakat desanya? Naruto dianggap remeh, karena beberapa kali tidak mampu menguasai ilmu ninja. Apalagi, perlakuan ini lebih parah setelah banyak orang yang mengetahui bahwa didalam tubuh Naruto ada Kyubi. Tambahlah pandangan sebelah mata dan rasa takut yang diperlihatkan oleh penduduk desa. Namun, hal ini tidak membuat Naruto menyerah. Bahkan dengan kegigihanya akhirnya penduduk desanya menjadikannya Pahlawan. Setelah Naruto mengalahkan Nagato/ Pain.


               Nah, Motivasi Hidup apakah yang bisa didapat? disini bisa melihat bahwa kita tidak boleh meremehkan orang lain. Karena dengan berusaha pastinya kita ataupun orang tersebut akan mampu menjadi apa yang diinginkan. Jadi, masihkah kita meremehkan orang lain? :D

  • Teruslah Memperjuangkan Mimpi kita 




                Pastinya teman-teman sering mendengar kata-kata Naruto, "menjadi Hokage adalah impianku." Kata-kata ini sering diucapkan oleh Naruto tanpa beban. Padahal, banyak orang yang meremehkannya seperti tulisan diawal tadi. Mimpi Naruto ini memang terlihat mustahil karena melihat kemapuanya yang sering kalah dengan para ninja lain. Namun, melalui latihan yang keras dan terus berusaha. Akhirnya, Naruto saat ini menjadi Senin dan salah satu calon Hokage.



                     Nah, Motivasi Hidup apakah yang bisa didapat? disini bisa melihat bahwa kita haruslah mempunyai mimpi yang tinggi. Walaupun banyak orang yang meremehkan kemampuan kita. Namun dengan usaha yang keras disertai semangat tinggi. pastinya mimpi tersebuat akan tercapai. Jadi, apakah kita masih tidak mau bermimpi? :D

  • Selalu Memegang Ikatan Pertemanan ataupun Persaudaraan


                  Salah satu yang menonjol dalam cerita Naruto adalah kisah persaudaraan dan pertemanan. Pastinya teman-teman akan melihat bagaimana pertemanan antara Naruto dan Sasuke, Shikamaru dan Choji, Sakura dan Ino, dan masih banyak lagi. Mereka menjaga pertemanan itu bahkan pertemanan itu merupakan warisan dari ayah atau ibu mereka. Seperti Ayah Shikamaru dan Ayah Choji ataupun Ibu Naruto dan Ibu Sasuke. Walaupun, akhirnya Sasuke memutuskan untuk pergi. Namun, Naruto tetaplah memperjuangkan ikatan tersebut.


                    Nah, Motivasi hidup apakah yang bisa didapat? disini bisa melihat bahwa ikatan pertemanan, persahabatan ataupun keluarga. Haruslah dijaga karena ikatan ini sangat sulit untuk didapat. Karena, ikatan ini sangat berharga. Bahkan menurut gua lebih berharga daripada harta !! (Kalau ada yang mau comment, monggo hehe) Jadi, apakah kita masih ingin memutus ikatan pertemanan? :D

  • Jangan Pernah Menyimpan Dendam 



                      Salah satu konflik yang terjadi di cerita Naruto adalah rasa dendam. Pastinya teman-teman mengingat bagaimana rasa dendam Sasuke terhadap kakaknya Itachi? ataupun Nagato terhadap Negara-negara besar? Hal ini membuat mereka akhirnya menjadi penjahat untuk membalas dendam mereka. Padahal, mereka tidak tahu apa yang membuat kejadiaan itu terjadi? Pada akhirnya, mereka menyesal atas rasa dendam yang selama ini mereka rasakan. 


                   Nah, Motivasi hidup apakah yang bisa didapat? disini bisa melihat bahwa rasa dendam akhirnya tidak memberikan mamfaat. Malah memberikan penyesalan kepada kita nantinya. Jauh lebih baik, kalau kita melihat secara jernih apa yang sedang terjadi? atau menceritakan permasalahan kita pada orang lain. Sehingga, rasa dendam kita akhirnya mampu hilang. Jadi, apakah kita masih ingin menyimpan dendam kepada seseorang? :D

  • Jangan Pernah Melanggar Janji


                  Hal ini yang benar-benar ditonjolkan oleh Masashi Kishimoto dalam komiknya. Pastinya teman-teman akan merinding melihat semangat Naruto untuk mengembalikan Sasuke ke Konoha. Hal ini dilakukan karena ingin menepati janjinya kepada Sakura. Kata-kata Naruto yang sangat fenomenal (Menurut gua hehe) adalah saat ditanya Sakura, "kenapa kau melakukan semua ini?" Naruto pun menjawab,"seorang Ninja tidak pernah melanggar janjinya, inilah jalan Ninjaku." 


                     Nah, Motivasi hidup apakah yang bisa didapat? disini bisa melihat bahwa seorang manusia haruslah menepati janji yang diucapkannya. Karena, itulah prinsip dasar kehidupan. Tentulah kalau kita mampu menepati janji. Pastinya banyak orang yang akan menghargai kita. Jadi, apakah kita masih ingin melanggar janji? :D

               Tentulah masih banyak lagi motivasi-motivasi yang terkandung dalam cerita Naruto. Namun,  sekarang gua hanya menampilkan 5 aja (Kalau ada yang kurang, Comment aja atau Mention di Twitter gua @Rizky_Kusumo7 hehe). Gua sendiri tidak bermaksud untuk menggurui. Karena, Gua sendiri masih melakukan hal-hal diatas. Namun, Gua sendiri terpengaruh cerita Naruto yang sering memberikan Motivasi Hidup. Hal  ini yang membuat gua mulai belajar menjadi manusia yang lebih baik (HeHe Super)
                 Sebagai penggemar Naruto ataupun sekedar membaca tentulah teman-teman boleh mengambil hal yang baik dalam cerita. Karena, kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa ada makna tersembunyi dalam cerita tersebut. Nah, tinggal kita lah yang mulai mencari apa makna didalam cerita tersebut. Ok, Sekian... :D

Kalau ada yang punya refrensi untuk diulas, silahkan bisa kok
1) Kirim aja Email ke (RizkyKusumo19@yahoo.co.id)
2) Mention ke (Rizky_Kusumo7)

Ditunggu Kritik dan sarannya :)

 

2 komentar:

Utadafitriani uzumaki mengatakan...

nah bener bgtt tuh,heran deh ma temen 2ku yg suka ngeremehin naruto.
tanpa mereka tau ada motivasi besar di dalamnya .....

i like :)

Fauzan Anshory mengatakan...

6. selama masih dijalan yang benar jangan pernah takut, menurut gua itu juga makna dari cerita naruto contoh pada saat naruto vs kyubi dan ketika naruto vs sasuke yang pada saat naruto sudah mau mati tapi dia tidak merasakan takut atau ingin kabur :)

Posting Komentar